Perbedaan Psikologis Antara Pria dan Wanita


Gambar pria dan wanita sedang saling diam.
Hampir dari kita semua sering mengatakan bahwa pria dan wanita sama. Terutama wanita, mereka sering mengatakan ini setiap kali untuk mendapatkan rasa hormat yang sama dan posisi yang sama dengan laki-laki.

Banyak alasan yang mendasari wanita ingin lebih banyak mendapatkan rasa hormat dari para pria meskipun sebenarnya ada banyak perbedaan mental antara pria dan wanita.

Tidak ada laki-laki dan wanita yang dapat berfikir dengan cara yang sama karena setingan mereka berbeda. Berikut saya coba uraikan perbedaan psikologis antara pria dan wanita. Check this out.

1. Komunikasi
Wanita dapat berkomunikasi lebih baik daripada laki-laki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemecahan masalah bagian dalam otak (frontal lobe) pada wanita lebih besar daripada pria. Jadi perempuan lebih dapat memilah masalah dan memecahkan masalah yang kompleks dan menemukan solusinya.

2. Logika
Dalam hal ini pria bekerja lebih baik daripada wanita. Kebanyakan pria lebih logis daripada wanita. Para pria lebih memiliki pemikiran logis di bandingkan wanita yang kebanyakan mengedepankan emosi dan lebih menggunakan perasaan dengan cara mereka sendiri sehingga kurang dapat memutuskan suatu hal dengan baik karena kurangnya pemikiran logis. Bahkan jika pria tidak logis sekalipun mereka tidak akan mengekspresikan emosi mereka.

3. Ketahanan Terhadap Rasa Sakit
Sudah menjadi hal yang umum bahwa otak laki-laki memiliki toleransi sakit yang lebih daripada perempuan. Namun otak perempuan dapat meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit sampai batas yang lebih besar. Sebagai contoh, saat melahirkan anak, wanita dapat mentolerir rasa sakit yang teramat besar. Sampai sekarang tidak ada otak laki-laki yang terbukti dapat mentolerir tingkat rasa sakit seperti itu.

4. Emosional Pikiran
Otak memori kenangan pada perempuan lebih emosional daripada laki-laki. Hal ini dikarenakan pada perempuan memiliki aliran darah lebih ke otak mereka. Pusat emosi di otak peempuan lebih aktif. Sementara pada laki-laki lebih banyak mengistirahatkan pikiran emosi mereka.

5. Chemistry
Wanita bisa terikat dengan mudah dengan laki-laki sedangkan pria lebih banyak mudah bosan dengan suatu hubungan. Jika mereka tidak dapat mengatasinya maka akan membuat semuanya berantakan. Sementara wanita lebih gigih dalam menjaga suatu hubungan dan tidak akan pernah berhenti.

6. Manajemen Kemarahan
Ada banyak perbedaan psikologis antara pria dan wanita. Pria tidak pernah lama dalam hal marah tetapi mereka seringkali tidak dapat mengendalikan kemarahan mereka, bahkan bagi beberapa pria yang tidak pandai mengendalikan kemarahan mereka bisa berujung dengan melakukan tindakan kekerasan. Sedangkan wanita sangat mudah marah tetapi tidak pernah sampai berujung pada kekerasan.

7. Penyesuaian Diri
Ada banyak perbedaan emosional antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki lebih kuat saat terjadi perubahan. Pria menyesuaikan diri lebih baik untuk mengubah keadaan di bandingkan dengan perempuan. Sedangkan perempuan lebih mudah depresi dan butuh waktu yang lebih banyak untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Sebaliknya waniita pun lebih memilih untuk mengubah situasi yang mengganggu mereka di banding menyesuaikan diri.



Share on Google Plus

About mikey_tanpamouse

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment